5 Skill Orang Sukses yang Wajib Kita Tahu dan Latih!

Definisi sukses pastinya berbeda – beda dari setiap orang yang kita temui. Pernahkah Anda sengaja bertanya pada teman Anda menurutnya sukses itu seperti apa? Apakah sukses bisa membeli mobil? Rumah? Saya sendiri pernah menanyakan pada dua orang teman saya bagaimana mereka mengartikan sukses itu sendiri.
Teman saya si A menjawab bahwa dia sukses jika sudah bisa membeli apa saja yang dia inginkan. Sedangkan teman saya si B menjawab bahwa dia sukses jika dia sudah bisa memiliki kebebasan waktu. Perlu diketahui bahwa dua teman saya itu memiliki latar belakang keluarga yang berbeda. Si A berasal dari keluarga yang cukup sederhana dan untuk mendapatkan sesuatu dia harus kerja keras mendapatkan uang sebanyak – banyaknya.

Sedangkan si B berasal dari keluarga yang sudah mapan, tapi dia sudah terlanjur memiliki pola kehidupan yang sangat disiplin dalam bekerja sehingga dia tak punya waktu lagi untuk dirinya sendiri. Dari 2 latar belakang ini menghasilkan definisi sukses yang berbeda. Tapi dapat disimpulkan bahwa kedua teman saya memiliki tujuan yang sama bagi dirinya sendiri, yaitu sukses dalam arti puas terhadap kebahagiaan dirinya.
Si A akan bahagia bila dia bisa membeli apa yang jadi keinginannya, sedangkan si B akan bahagia bila dia memiliki cukup waktu untuk dirinya. Jadi sukses mengarah pada kebahagiaan seseorang. Ada beberapa hal yang wajib kita ketahui untuk menuju bahagia itu sendiri yang selanjutnya kita sebut skill orang sukses.

Sukses itu bukan bakat, tetapi sesuatu yang kita ciptakan dengan kemampuan yang kita miliki. Jika ada orang berpendapat skill orang itu berbeda – beda. Pendapat itu tidak sepenuhnya salah. Namun kita memahami pendapat tersebut seolah – olah merendahkan kemampuan diri sendiri. Ah, mana mungkin aku bisa jadi penulis, aku saja malas menulis. Ah, mana mungkin aku bisa jadi business owner, modal saja pas – pasan, ilmu business aja nihil. Ya itulah yang menjadi limiting belief diri kita, membatasi kemampuan diri jadi pada akhirnya pun tidak bisa. Skill itu dipelajari, skill itu bukan bakat. Nah, sebelum kita bahas skill orang sukses itu apa saja, maka mari kita hilang kan dulu sekelumit kalimat negatif yang menjadi kendala diri kita untuk berkembang.

Berikut 5 Skill Orang Sukses yang Bisa Bikin Kita Kaya dan Bahagia!

  • Skill Beradaptasi
Orang sukses cenderung mudah menyesuaikan diri dengan lingkungannya


Pertama, skill yang wajib kita pelajari dan selanjutnya wajib dimiliki adalah skill mudah beradaptasi. Skill ini tidak menuntut kita untuk jadi orang yang ekstrovert. Sebagian dari kita mungkin masih memahami bahwa mudah adaptasi itu berarti kita harus banyak ngomong.
Padahal kita tidak harus jadi orang yang banyak ngomong untuk bisa beradaptasi. Mudah adaptasi disini adalah mudah memahami situasi internal diri kita dan eksternal dari lingkungan di sekitar kita. Contohnya, jika Anda pergi ke suatu acara seminar apakah kita harus banyak berbicara juga? Tidak juga, buat apa banyak bicara tetapi yang dibicarakan tidak ada maknanya.
Tentunya kita memilih untuk diam mendengarkan dan coba memahami materi pembicara. Kemudian kita kaitkan dengan apa yang ada di sekitar kita, apakah materi tersebut ada yang perlu kita tanyakan. Nah, dari situ kita bisa mengajukan pertanyaan kepada pembicara.
Skill adaptasi ini perlu banget buat kita, karena kita tidak akan selalu nyaman terhadap lingkungan baru kita. Adaptasi ini diperlukan untuk memahami apa yang membuat nyaman diri kita. Ketika diri sudah nyaman maka lingkungan pun dapat kita taklukan. Sehingga apapun proyek yang sedang kita kerjakan bisa berjalan sesuai dengan keinginan kita.

  • Skill Bernegosiasi
Orang sukses mampu bernegosiasi dengan baik untuk keuntungannya


Skill bernegosiasi bisa kita pelajari juga. Seperti yang kita ketahui banyak orang sukses karena dia pandai bernegosiasi. Negosiasi disini adalah bentuk penawaran kita terhadap pendapat orang lain. Negosiasi penting untuk diri kita agar kita tidak mudah dikooptasi oleh orang lain. Ketika kita tidak bisa bernegosiasi maka kita hanya akan menjadi bagian dari rencana orang lain.

  • Skill Memahami Potensi Diri
Orang sukses mampu mengetahui kemampuannya dengan baik


Ketiga, skill untuk memahami potensi diri. Potensi diri disini adalah apa saja yang menjadi kelemahan dan kekuatan kita. Skill orang sukses dengan memahami potensi diri ini perlu kita pelajari, karena kita tidak bisa bekerja dengan nyaman apabila pekerjaan tersebut mengedepankan kelemahan kita. Mungkin berhasil tapi akan membutuhkan waktu yang lama dan itu mengorbankan diri sendiri. Oleh karena itu, perlu kita petakan kekuatan dan kelemahan kita. Potensi diri dapat kita ketahui melalui talent mapping.

  • Skill Untuk Menjual
Orang sukses gemar dalam urusan menjual dan memasarkan sesuatu


Skill ini berguna untuk mempromosikan diri kita. Menjual itu tidak harus berbentuk barang, tetapi bisa juga menjual ide atau gagasan. Menjual ini akan berdekatan dengan kemampuan kita dalam berkomunikasi dan skill bernegosiasi. Boleh saja kita jadi orang introvert, tetapi kita juga harus belajar untuk terbuka dalam mengkomunikasikan keinginan kita. Kalau kita tidak bicara ke orang mengenai apa itu keinginan dan rencana kita, yang ada itu tadi, kita hanya akan menjadi bagian dari rencana orang dan jelas itu tidak membuat diri kita nyaman. Alih – alih sukses, tersiksa iya. Introvert kita batasi dengan tidak membicarakan apa yang menurut kita itu sifatnya pribadi.

  • Skill Untuk Melihat Kelemahan Dan Keunggulan Orang Lain
Orang sukses bisa menilai dan melihat potensi dan kemampuan orang lain


Artinya kita pun tidak melulu fokus pada diri kita. Ada saatnya kita pun belajar dari orang lain, apa keunggulan dan kelemahan orang lain. Misalnya, kita adalah seorang affiliate marketer yang sedang ikut kompetisi yang diadakan oleh suatu perusahaan yang memproduksi product digital. Kita perlu tahu siapa saja pesaing terberat kita, dan kita pelajari bagaimana mereka bekerja.
Dari pengamatan itu kita akan paham bahwa orang lain memiliki kelebihan tertentu, seperti cara dan waktu promosi atau iklan mereka. Nah, disitu kita bisa merencanakan strategi untuk menjadi beda. Tapi ingat ya melihat kelemahan dan keunggulan orang lain bukan untuk merendahkan kemampuan kita. Yang perlu dicontoh kita ambil, tetapi jika tidak maka kita tinggalkan.

Dari 5 skill orang sukses di atas adalah skill yang bisa kita pelajari, dan sekali lagi kaya dan bahagia itu bukan bakat. Pelajari dan memiliki kemampuan – kemampuan itu untuk membuat diri Anda semakin bahagia dan sukses akan datang dengan sendirinya. Memang semua itu berproses, tidak ada orang yang kaya seketika kecuali dia dapat warisan atau menemukan harta karun. Nikmati setiap prosesnya dan resapi ke dalam diri sambil menyiapkan diri menjadi orang yang sukses dan bahagia.
Cheers!

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel