Kisah Dan Pelajaran Keren dari CEO Alibaba Group : Jack Ma Si Manusia 570 T



Jack Ma adalah seorang pengusaha terkenal di dunia. Mungkin dia bisa dibilang pengusaha nomor 1 di Asia karena melalui bisnisnya di Alibaba. Ia menguasai bisnis yang menggurita. Pasti banyak diantara kita yang berpikir dan bertanya bagaimana seorang Jack Ma bisa memiliki kesuksesan sebesar itu. Jack Ma sendiri menghasilkan kesuksesan tersebut bukan dengan serta merta namun melalui berbagai macam jalan yang perlu ditempuh, hal itu diutarakan dalam sebuah nasehat dan motivasi yang disampaikannya kepada anak-anak muda saat melakukan seminar di Korea beberapa waktu yang lalu. Penasaran kan apa aja isi pesannya simak ulasan berbagai macam motivasi keren dari Jack Ma tersebut? Simak jawabannya dibawah ini.

Menurut Jack Ma, manusia itu dibagi ke dalam berbagai macam fase umur, fase umur ini saling berkaitan dan menentukan tingkat kesuksesan seseorang.

1. Umur 1 Hingga 20

Belajar tentang diri dan dunia

Umur 1 hingga 20 akan diisi oleh berbagai macam pengenalan diri lo terhadap dunia. Pada fase ini lo harus banyak belajar dan jangan takut untuk mengalami kegagalan.  Jadi ketika umur lu menjelang 20 tahun lo sudah memiliki berbagai macam pelajaran untuk masa depan kelak.

2. Umur 20-30

Temukan mentor atau perusahaan yang tepat

Di umur 20 sampai 30 tahun ini adalah fase dimana lu harus mulai melangkah mengikuti orang lain untuk belajar. Baik dengan berwirausaha  ataupun untuk bekerja pada perusahaan orang lain.  Pada saat lo mutusin untuk belajar pada orang lain, jangan melihat dahulu sebesar apa latar belakang bisnis/perusahaan tersebut. Karena hal itu akan membatasi lo dalam belajar sebanyak-banyaknya.  Perusahaan dan bisnis yang kecil justru akan memberikan pembelajaran yang lebih banyak, karena lo akan ikut dalam proses perkembangan perusahaan tersebut dimulai dari bawah.

Di Fase ini lo akan mendapat berbagai macam pelajaran, bukan sekedar ilmu namun juga semangat, passion,  dan mimpi yang akan mengajarkan untuk meraih keinginan di masa depan. Pada fase ini maka lo harus mencari bos dan perusahaan yang benar, karena bos dan perusahaan yang benar akan menentukan mindset dan fondasi utama lu dalam menentukan langkah di masa yang akan datang.

3. Umur 30-40

Tekuni usaha atau karier elo

Pada fase umur ini lo harus menentukan apakah akan memulai wirausaha atau akan mengejar karier yang sedang di jalani. Apapun yang akan lo pilih, maka harus menggeluti apa yang lo rasa kuasain, karena pada fase ini adalah fase untuk mematangkan apa yang sudah di pelajari dan di alami. Ketika lo sudah mengambil keputusan untuk mempelajari dan melakukan hal baru maka itu akan membuang-buang waktu dan membutuhkan pengorbanan yang besar. 

4. Umur 40 - 50

Perkerjakan anak muda

Pada fase umur 40 sampai 50 tahun sudah saatnya kita tidak lagi harus bekerja sob namun mempekerjakan anak muda untuk menghandle pekerjaan kita. Hal ini karena anak muda bekerja lebih baik dibanding orang tua, sehingga mereka memiliki produktivitas yang tinggi.  Pastikan bahwa anak muda yang dipekerjakan adalah anak muda yang memang seorang pekerja yang baik. Smentara mengenai konsep visi dan strategi bisnis kita masih bisa untuk memberikannya kepada perusahaan.

5. Umur 50-60

Habiskan waktu bersama keluarga

Pada fase umur 50 sampai 60 tahun ini adalah fase dimana kita harus lebih banyak waktu untuk keluarga, bisa mulai melepaskan diri dari bisnis dan harus sering menghabiskan waktu untuk cucu dengan cara liburan. Pada fase ini adalah fase dimana kita menikmati dan mewariskan  perjalanan panjang bisnis yang telah di lakuin.
Jack Ma bukanlah seorang perfeksionis Ia pun memiliki berbagai macam kekurangan dalam membangun bisnisnya, kekurangan tersebut adalah waktu yang dihabiskan terlalu banyak, kerja yang diberikan terlalu besar sehingga ia memiliki waktu dengan keluarga yang sangat kecil. Inilah yang kemudian diungkapkan oleh istrinya bahwa Jack Ma bukanlah bagian dari keluarga namun hanya bagian dari Alibaba. Pelajaran penting dari sini bahwa kita boleh saja mengejar bisnis dengan maksimal namun kita pun akan sampai lupa untuk tetap memiliki waktu bersama keluarga.

Itulah berbagai macam nasehat dan tuntunan yang diberikan oleh Jack Ma kepada anak muda.  Tujuannya agar anak muda bisa menentukan planning hidupnya dengan baik sehingga pada masa tertentu  sudah memiliki kesuksesan dan pencapaian hidup yang memuaskan.
Stay Motivated sob!

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel